15 Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2022

LokaBisnis.com – Tren bisnis online makin meningkat, pastinya ini menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Dengan bisnis online tentu ada banyak kemudahan dan keuntungan. Diantaranya bisa menjalankan bisnis secara lebih fleksibel, kapan saja dan dimana saja.

Berbisnis secara online bisa menjadi salah satu sumber penghasilan utama kita. Maka dari itu, artikel ini akan membagikan 15 Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2022 sehingga kamu bisa mempertimbangkan kira-kira ide mana yang cocok untuk membuka usaha online. Berikut daftarnya:

Kursus online

Membuka jasa kursus online menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Beberapa fokus kursus seperti mata pelajaran sekolah, mulai dari matematika, IPA, hingga bahasa Inggris, bahasa Jerman, TOEFL, IELTs, dan sebagainya. Baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, maupun mereka yang sedang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Kamu bisa belajar dalam platform online dengan memanfaatkan RuangGuru, Ingenio, KelasKita, maupun melalui platform website sendiri.

Jualan via marketplace

Berjualan online menjadi pilihan yang tepat. Selain efektif untuk promosi, kamu pun tak perlu mengeluarkan biaya operasional untuk toko. Kamu bisa pilih marketplace besar dan terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau eBay untuk skala internasional. Dengan modal kuota untuk upload gambar produk dan promosi kita sudah bisa berjualan.

Jualan di website sendiri

Selain berjualan di marketplace, kamu juga bisa lho membangun website sendiri. Dengan membeli template di WordPress atau Blogsppot, kamu bisa membuat website yang bagus untuk berjualan. Aneka produk bisa kamu jual sesuai pangsa pasar yang kamu tentukan. Mulai dari makanan, kosmetik, mainan, buku, sparepart kendaraan bermotor, dan sebagainya. Enaknya pakai website sendiri, kamu bisa mengatur tampilannya sesuka hati.

Jadi dropshipper

Kamu bisa pakai medsos untuk berbisnis lho. Nah, supaya gak keluar modal banyak, kamu bisa jadi dropshipper untuk suatu produk dagang. Untuk menjaga kepercayaan dan menghindarkan penipuan, kamu bisa memanfaatkan produk milik teman. Misalnya produk fashion, suplemen dan obat herbal, maupun buku dan mainan bayi. Di sini kamu perlu membangun relasi yang kuat agar bisa bantu jual produk tanpa modal.

Panen iklan lewat blog

Kalau kamu sudah punya blog yang cukup konsisten dalam mempublikasikan konten-konten berkualitas kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi ladang pemasukan pasif. Kamu tinggal daftarkan blogmu ke Google AdSense sehingga bakal muncul iklan-iklan berbayar. Makin berkualitas konten yang ditampilkan dan makin sering mengupdate, kamu bisa mendapat pemasukan besar.

Menjadi seorang Youtuber

Siapa tak kenal Ria Ricis, Atta Halilintar, dan Raditya Dika. Mereka bertiga hanya sebagian kecil dari sejumlah Youtuber yang sukses memanen profit. Profit di Youtube bisa datang dari Google AdSense, bisa juga dari iklan produk alias endorse. Untuk pasang Google AdSense minimal kamu punya 1.000 subscriber dan total durasi tonton sebanyak 4.000 jam. Tapi jangan khawatir, karena jika konsisten membuat konten berkualitas hal itu bukan hal yang sulit.

Jualan produk berbasis informasi

Produk berbasis informasi seperti e-book atau buku digital, video tutorial, atau audio bisa menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Kamu bisa berjualan di berbagai platform digital. Mulai dari website hingga media sosial. Jualan dokumen informasi secara digital lebih mudah dibandingkan jualan produk dalam bentuk fisik.

Membuka jasa desain grafis

Kebutuhan terhadap disen grafis saat ini cukup besar lho. Jika kamu bisa mengoperasikan program seperti Adobe Ilustrator, Photoshop, atau Corel Draw, lahan ini sangat tepat untuk kamu garap. Menguntungkan dan menjanjikan karena bisnis digital saat ini sangat ditentukan oleh tampilan disen yang bagus dan menarik.

Jual stock desain grafis

Selain menjual sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan website-website desain untuk menjual hasil karyamu. Beberapa diantaranya Freepik.com, Coroflot.com, Guru.com, iFreelance.com, SmashingJobs.com, dan lainnya. Tentu saja setiap situs memiliki ketentuan tersendiri. Sehingga pemasukan yang kamu dapatkan pun tidak 100 persen masuk kantong, ada potongan beberapa persen untuk pengelola situs.

Translator alias penerjemah

Jasa menerjemahkan naskah buku, artikel, modul, brosur, dan sebagainya pun menjadi lahan yang pas buat kamu garap. Jika kamu mahir berbahasa Inggris, ini bisa jadi income yang lumayan buat kamu.

Menulis dan jualan e-book sendiri

Bagi seorang penulis bisa menerbitkan dan memublikasikan buku sendiri merupakan sebuah impian besar. Saat ini ada pilihan untuk menerbitkan buku secara digital atau e-Book. Berjualan e-book lebih praktis dan mudah. Selain itu, kamu juga tak perlu keluar ongkos biaya cetak sehingga modal lebih ringan.

Membuka jasa menulis SEO

Salah satu kebutuhan di era internet ini adalah SEO atau search engine optimization. Menulis dengan beberapa pengulangan kata kunci agar mudah terbaca oleh mesin pencari bisa membuat sebuah link mudah terbaca. Ranah ini sangat pas buat kamu yang suka berselancar di internet dan membaca bergaam informasi.

Jadi blogger dan freelancer writer

Blog bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan jika bisa dikelola dengan baik. Selain AdSense kamu bisa memanfaatkan blog untuk publikasi iklan berupa ulasan sebuah produk kuliner, wisata, hotel, dan sebagainya. Tak jarang juga blogger dimanfaatkan untuk memperkuat sebuah publikasi media.

Menggunakan berbagai platform online jualan produk fashion

Media sosial menjadi tempat jualan yang menjanjikan. Apalagi jika teman atau followers di sana merupakan orang yang betul-betul kenal. Sehingga trust dalam berbisnis itu sudah terbangun. Jualan aneka fashion menjelang lebaran bisa kamu lakukan.

Bisnis artwork, jual lukisan, foto, dan sketsa

Jika kamu hobi melukis, foto atau menggambar, kamu bisa lho jual hasil karyamu secara online. Kamu bisa jual di situs Creativemarket.com, Artworkheroes.com, Society6.com, Etsy.com, dan Redubble.com. Selain itu, kamu juga bisa membuka pesanan online via website atau medsos pribadi. Karya yang berkualitas memiliki harga yang tinggi.

Itulah 15 peluang usaha online yang bisa kamu pilih sesuai dengan kegemaranmu. Tinggal pilih dan tentukan. Semoga bermanfaat.