4 Aplikasi Startup Terbaik Indonesia di Tahun 2021

Lokabisnis.com – Startup rasanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakt Indonesia, baik itu masyarakat pedesaan hingga kota dapat menikmati kemudahan dan manfaat yang dibawa oleh industri startup. Tertarik ingin tahu startup apa saja yang masuk nominasi kategori terbaik di bidang transportasi, pendidikan, eCommerce, dan masih banyak lagi. Berikut ulasannya.

Startup Terbaik Sesuai Bidang Industri Spesialisasinya di Indonesia

Gojek

Di urutan pertama, ada Gojek. Startup ini fokus pada spesialisasi servis layanan jasa antar jemput dengan menggunakan transportasi sepeda motor atau mobil melalui aplikasi. Seiring perkembangannya, Gojek bertumbuh besar sehingga menyediakan banyak layanan mulai dari jasa antar jemput, pesan makanan, bayar tagihan, hingga menyediakan platform dompet digitalnya sendiri. Bagian terbaiknya, Gojek sudah melakukan ekspansi hingga ke Vietnam dan Thailand. Nggak heran kalau Gojek ini berhasil menyabet nominasi status startup ‘Decacorn’ pertama Indonesia.

Tokopedia

Di urutan kedua, ada Tokopedia. Startup ini sudah ada sejak 2009, yup, seperti yang kamu ketahui, Tokopedia fokus pada bidang eCommerce. Startup ini membantu banyak pemilik usaha baik itu dari level individu hingga se-level brand terkenal untuk menjual produk terbaiknya lewat eCommerce Tokopedia. Kabar baiknya, Tokopedia merupakan startup sekelas unicorn dari Indonesia.

Bukalapak

Di posisi ketiga, ada startup unicorn hebat lainnya dari Indonesia, namanya Bukalapak. Sama seperti startup sebelumnya, model bisnis eCommerce juga menjadi fokus dari Bukalapak. Hal unik yang dilakukan Bukalapak adalah meningkatkan dampak sosial ekonomi kepada pemilik toko tradisional yang digandeng sebagai mitra Bukalapak.

Traveloka

Ingat traveling, ingat Traveloka pastinya. Yup, startup unicorn satu ini bermain di segmentasi jasa traveling dengan spesifikasi business plan berikut ini; penyediaan layanan pemesanan tiket kereta api, bus, pesawat, hingga hotel pun bisa disorder secara daring. Tinggal instal aplikasinya, kamu sudah bisa order layanan apapun di Traveloka. Hebatnya lagi, Traveloka berhasil melakukan ekspansi hingga paket pelayanan penerbangan menuju luar negeri mulai dari Asia hingga Eropa. Menarik, bukan?

Nah itu dia ulasan tentang 4 startup terbaik edisi 2021. Kamu udah pakai layanan startup yang telah kami ulas di artikel ini, belum? Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar.