Mengenal Digital Marketing Sebagai Strategi Bisnis

Perkembangan zaman dengan teknologi internet mengubah pola masyarakat dengan berbagai kemudahan, sekalipun dalam hal berbisnis. Jika sebelumnya pemasaran menggunakan cara konvensional untuk promosi, saat ini sudah banyak yang beralih ke versi digital marketing.

Namun, banyaknya platform online yang tersedia, terkadang membuat kita bingung untuk memulai belajar digital marketing dari mana. Mengingat, masing-masing platform online memiliki cara pendekatan berbeda-beda.

Nah supaya strategi digital marketing tidak salah langkah, kamu perlu mempelajari beberapa hal. Kamu tak perlu bingung, karena kami sudah merangkumnya pada artikel ini.

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

Digital marketing adalah upaya memasarkan produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Strategi yang sering kita dengar seperti Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, website, dan platform lainnya merupakan salah satu platform yang digunakan untuk digital marketing.

Faktanya, pengguna internet di dunia kini mencapai 4,8 miliar orang lebih (Data Reportal). Itu artinya, makin banyak orang terhubung dengan internet, tentu digital marketing semakin diperlukan.

Hal ini tentunya menjadi peluang emas untuk berbagai tingkatan bisnis dalam memasarkan produk secara efisien dan menjangkau target pasar yang lebih luas lagi. Tak hanya itu, masih banyak manfaat dan kelebihan strategi digital marketing yang akan kamu ketahui pada pembahasan berikut ini.

Apa Pentingnya Belajar Digital Marketing?

Mengingat pentingnya digital marketing dalam mengembangkan bisnis, tentu hal ini sangat penting untuk kamu pelajari. Sebagai pebisnis, perlunya kamu belajar digital marketing untuk meroketkan keuntungan bisnismu. Berikut ini berbagai manfaat digital marketing yang perlu kamu ketahui:

  • Fleksibel digunakan semua jenis bisnis yang ingin beralih ke online. Apalagi tersedia beragam media digital marketing dari yang gratis hingga berbayar;
  • Mampu menjangkau konsumen secara personal sesuai dengan customer journey atau kesiapan untuk membeli;
  • Lebih mudah mengukur keberhasilan strategi, mengingat tools digital marketing menyediakan metrik performa iklan;
  • Memaksimalkan tingkat konversi karena digital marketing mampu melemparkan promosi ke target audiens spesifik.
  • Sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya apa kelebihan digital marketing daripada metode tradisional, seperti menempel brosur di tiang jalan, memajang baliho, beriklan di koran, ataupun media offline lainnya.

Kelebihan strategi digital marketing adalah memudahkan promosi bisnis secara modern dan lebih luas. Tentunya, digital marketing menawarkan banyak kelebihan yang tidak dimiliki traditional marketing. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mudah menjangkau target pasar yang lebih luas hingga ke milyaran pengguna internet di seluruh dunia;
  • Sekitar 70% orang lebih suka memakai internet untuk mencari tahu produk daripada iklan tradisional;
  • Membutuhkan biaya relatif lebih rendah dan bisa diatur sendiri karena memakai platform digital;
  • Menghemat waktu dengan berbagai tools otomatis daripada melakukan kegiatan promosi secara manual atau melibatkan banyak aktivitas fisik;
  • Lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi dua arah sampai melayani calon pelanggan, daripada sekadar menunjukkan papan iklan/brosur;
  • Bebas menentukan kapan dan durasi pelaksanaan program pemasaran.

Sampai sini, pastinya kamu makin tertarik belajar digital marketing. Meski begitu, digital marketing adalah hal yang tidak selalu berhasil terutama kalau kamu melakukannya dengan sembarangan.

7 Langkah untuk Memulai Digital Marketing

Oke, sekarang kamu sudah tahu bahwa digital marketing menawarkan banyak manfaat untuk sebuah bisnis. Selanjutnya, bagaimana tahapan belajar digital marketing dari awal?

Agar kamu tidak tersesat, pelajari langkah-langkah belajar digital marketing berikut:

  • Tentukan buyer persona;
  • Identifikasi kebutuhan target pasar;
  • Susun marketing plan;
  • Manfaatkan berbagai media digital marketing (Google Bisnisku, WhatsApp bisnis, website, dsb);
  • Terapkan strategi copywriting yang menarik;
  • Gunakan marketing tools untuk bisnis;
  • Pahami metrik digital marketing dan evaluasi.

Nah, itulah langkah-langkah mempelajari digital marketing. Kamu juga bisa memadukan antara sosial media dengan strategi digital marketing agar makin manjur dan meningkatkan performa bisnis. Sebab, semua jadi serba otomatis dan kamu lebih mudah melempar promosi ke target pasar yang tepat sekalipun melalui sosial media.