Magic Marketing #1
Sense of Urgency (Mendesak)

Source: Unsplash.com

Pernah nggak kalian merasa ingin membeli sesuatu tapi menunda-nunda terus? Nah, ternyata setiap orang cenderung memiliki sifat suka menunda-nunda. Makanya, penting banget nih buat kamu mengenal strategi yang namanya ‘Sense of Urgency‘ alias ‘Mendesak’. Seperti apa teknik magic marketing yang satu ini? Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Sense of Urgency?

Gampangnya, teknik Sense of Urgency yang satu ini membuat orang seolah-olah merasa terdesak.

Biasanya orang yang dalam kondisi terdesak akan melakukan sebuah tindakan. Nah, teknik mendesak inilah yang membuat orang langsung beli tanpa pikir panjang.

Emangnya, kenapa sih harus gitu? Nah, ini karena orang cenderung suka banget nunda-nunda dan kalo kita jualan tanpa ada yang namanya ‘limitasi’ atau batasan, hasilnya bisa kurang oke banget. Nah, batasan ini bisa berupa jumlah produk yang terbatas atau waktu terbatas.

Misalnya, kita jualan baju keren dengan embel-embel “Cuma ada 1.000 pcs untuk seluruh Indonesia.” Atau bisa juga, “Hanya dijual dari tanggal 1-7 Januari 2030. Abis itu, tutup!” Bikin penasaran banget kan, jadi orang jadi pengen cepet-cepet beli sebelum kehabisan atau kelewatan momennya.

Trik Sense of Urgency (Mendesak)

Menurut Ginny Mineo dari HubSpot, trik ini sebenernya simpel banget dan nggak lepas dari hukum dasar, yaitu supply dan demand. Semakin langka barang atau kesempatan, maka nilainya bakal makin nendang.

Jadi, gimana caranya kita bisa ngebuat orang jadi bener-bener ngerasa terdesak dan mau langsung beli? Gampang banget, nih!

  1. Bikin Penawaran Terbatas: Misalnya, kita bisa kasih diskon spesial atau bonus keren tapi cuma berlaku buat yang beli dalam waktu tertentu. Nah, kalo nggak buru-buru, bisa-bisa kelewat, lho!
  2. Tentuin Batas Waktu: Kasih tau pelanggan kalo produk atau penawaran ini cuma bisa dinikmati sampe tanggal segini. Jadi, mereka langsung tau kalo nggak boleh nunda-nunda lagi.
  3. Bikin Penghitungan Mundur: Di website atau sosial media, kita bisa pasang hitungan mundur yang bikin orang makin penasaran. Semakin mepet waktu habis, semakin cepet mereka beli!
  4. Bikin Produk Terbatas: Bikin edisi terbatas buat produk atau jasa yang kita jual. Kalo cuman ada beberapa, pasti bikin orang jadi lebih semangat beli, deh!
  5. Flash Sale Mendadak: Nah, ini seru banget! Kita bisa bikin flash sale yang nggak ada kabar-kabarnya, tiba-tiba aja. Ini bisa banget bikin kejutan dan orang-orang langsung mau buru-buru beli.

Manfaat Marketing Sense of Urgency

Gitu deh, strategi ‘Sense of Urgency‘ ini bisa bikin jualan kita heboh dan laris manis. Mereka jadi bener-bener nggak tahan buat nunda-nunda terus. Selain itu, nih, ada beberapa manfaat lainnya:

  1. Ciptain Atmosfir Makin Hype: Kalo kita rajin pake trik ini, kita bakal ciptain atmosfir yang makin hype. Semua orang bakal heboh pengen nyobain produk atau jasa kita.
  2. Bangun Loyalitas Pelanggan: Kalo kita bisa bikin orang puas dan seneng dengan trik ‘Sense of Urgency‘, mereka bakal jadi langganan setia kita. Kaya gini kan asik, selalu ada yang nungguin produk atau penawaran baru dari kita.
  3. Dongkrak Penjualan dengan Cepat: Dengan trik ini, penjualan bisa langsung melejit dalam waktu singkat. Jadi, nggak perlu nunggu lama buat dapetin hasil yang memuaskan.

Ingat ya temen-temen, jangan pernah remehin kekuatan ‘Sense of Urgency‘. Ini bener-bener jadi senjata ampuh buat bikin jualan kita makin melejit. Semoga dengan trik ini, bisnis kita makin sukses dan dikenal banyak orang. Ayo, coba deh praktikin sekarang juga, siapa tau besok-besok kita jadi bintang pemasaran! Good luck!