7 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Profit Menggiurkan

LokaBisnis.com – Di saat kita ingin memulai sebuah bisnis, yang pertama dipikirkan biasanya adalah “mau bisnis apa?”, “bagaimana memulainya?”, “butuh modal berapa?”, dan seterusnya. Hal itu merupakan hal yang wajar, sebab memang untuk memulai bisnis selain membutuhkan modal finansial, kita juga harus tahu apa saja yang mesti dipersiapkan dan langkah apa saja yang bisa dilakukan.

Terkadang, kita punya modal tapi tidak punya ide. Giliran ada ide bisnis ternyata modalnya cukup besar. Maka dari itu, kita butuh ide bisnis apa yang kira-kira bisa dilakukan tanpa modal yang besar.

Di era sekarang ini ada banyak pilihan untuk membuka usaha baru. Bahkan, dengan minim budget. Nah, buat kamu yang sedang ingin memulai bisnis, tapi low budget dan masih bingung ide bisnisnya apa, tak perlu khawatir karena ada beberapa pilihan usaha rumahan yang bisa kamu garap meski dengan modal yang kecil.

Usaha rumahan bisa menjadi pilihan. Karena dengan usaha rumahan kita tak perlu keluar biaya besar untuk sewa ruko atau pabrik. Meski kecil-kecilan, usaha rumahan bisa berjalan lancar dan menghasilkan pemasukan yang rutin jika kita mampu memilih ide bisnis yang tepat. Berikut ini 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Profit Menggiurkan untuk kamu yang sedang meniti tangga kesuksesan berbisnis.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Bisnis kerajinan tangan unik/sovenir

Bisnis rumahan pertama yang bisa kamu garap adalah bisnis kerajinan tangan atau sovenir. Selain modalnya kecil, ide ini juga sangat mudah untuk digarap. Usaha ini sangat cocok buat kamu yang suka membuat kerajinan, ulet, dan gemar dengan seni. Dalam usaha ini kamu bisa melibatkan banyak orang. Sehingga, kamu bisa mengajak tetangga dan kerabat dekat untuk ikut bergabung dalam proses produksinya.

Apa saja sasarannya? Untuk kerajinan dan sovenir ini biasanya menyasar pesanan untuk sovenir pernikahan, pameran, atau stok pasar sovenir. Sovenir atau kerajinan tangan yang bisa kamu buat misalnya, tas, dompet, pouch, gantungan kunci, casing smartphone, dan masih banyak lagi ide lainnya.

Laundry kiloan

Laundry adalah salah satu usaha yang tak pernah mati. Bisnis ini sangat simpel dan mudah. Selain itu, tidak perlu banyak karyawan, cukup dua atau tiga orang. Untuk modal awal pasti kamu membutuhkan minimal dua mesin cuci dan pengering berkapasitas sedang. Untuk ukuran laundry rumahan, itu sudah cocok. Ide bisnis ini bakal mengucurkan pundi-pundi uang ke dompetmu secara rutin. Karena mencuci pakaian adalah salah satu kebutuhan sehari-hari.

Katering harian

Bisnis katering hampir tidak pernah sepi. Untuk mendapatkan profit yang lancar setiap harinya, kamu bisa memilih bisnis ini dengan sistem preorder. Dengan sistem ini kamu bisa memperkirakan besaran pengeluaran per hari dan pendapatan yang bisa masuk ke kantongmu esok pagi. Pastinya, usaha makanan sangat menguntungkan.

Jasa taylor dan desain busana

Jika kamu punya keahlian dalam hal jahit-menjahit atau jago mendesain sebuah busana, maka bisnis menggiurkan yang sangat tepat untuk kamu lakoni adalah usaha jasa taylor atau penjahit. Di samping bisa membuka jasa jahit, reparasi, dan permak kamu juga bisa memproduksi baju-baju hasil desainmu dengan brand sendiri kemudian dijual dengan sistem preorder. Sistem preorder ini akan membuat baju buatanmu terkesan eksklusif. Dengan bantuan iklan dari mulut ke mulut antarpelanggan, pelan-pelan baju hasil desainmu akan menemui pasarnya. Pemasukan pun akan menggelontor seiring berjalan waktu.

Rental PlayStation

Usaha rumahan lainnya yang menguntungkan adalah rental PlayStation. Permainan game yang digemari anak-anak dan dewasa ini masih sangat banyak peminatnya. Sewa per jamnya saat ini berkisar antara Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu, bergantung jenis PlayStationnya. Dengan modal beberapa PlayStation seharga Rp 3 jutaan, televisi, dan ruangan di rumah yang agak luas kamu bisa memulai bisnis ini.

Konter pulsa dan aksesoris ponsel

Bisnis penjualan pulsa, kouta internet, dan kartu perdana ponsel merupakan satu di antara sekian banyak bisnis rumahan yang tak ada matinya. Nah, untuk menyiasati dan membuat pembeli merasa tertarik datang ke kontermu, kamu bisa menjual juga berbagai perlengkapan dan aksesoris ponsel, seperti casing, eraphone, tongsis, gantungan, dompet ponsel, dan sebagainya. Jika kamu punya keahlian servis ponsel, kamu juga bisa menyediakan jasa servis ini. Sehingga pasar kontermu lebih luas dan pasti profitnya mengalir terus makin banyak.

Pertamini

Kebutuhan akan bahan bakar minyak alias BBM tidak pernah ada matinya. Setiap hari kita bisa menghitung berapa banyak sepeda motor yang melintas di jalan depan rumah. Nah, maka dari itu, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang mau usaha simpel tanpa ribet. Kamu hanya perlu membeli perlengkapan pertamini elektronik seharga kurang lebih Rp 5 juta. Sehingga dengan modal kurang dari Rp 10 juta saja kamu sudah bisa memulai usaha ini.

Itulah pilihan ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Silakan kamu sesuaikan dengan kemampuan dan modal yang kamu miliki. Semoga usahamu lancar dan memberikan profit yang menguntungkan bagi masa depanmu.