Tujuh Ide Bisnis yang Cocok Buat Anak Muda

Menjadi pengusaha yang sukses dalam bisnis merupakan impian banyak orang. Tak terkecuali bagi anak muda. Namun, menjadi pengusaha apalagi yang sukses bukanlah perkara yang mudah. Karena untuk mencapai pada tahap itu membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang tinggi. Banyak anak tangga yang mesti dipijak sebelum mencapai di puncak.

Jangankan berpikir untuk sukses, berpikir untuk memulai bisnis saja terkadang kita bingung untuk menentukan bisnis apa yang akan dijalankan. Itu adalah hal yang wajar. Tapi jangan terlalu khawatir, karena sesungguhnya anak muda yang hidup di era ini punya peluang yang besar untuk sukses dalam berbisnis.

Sebab, anak muda atau kaum milenial memiliki segudang potensi, mulai dari kreativitas, inovasi, dan kemampuan memanfaatkan teknologi untuk membantu menjalankan roda bisnisnya. Kita juga perlu banyak belajar dari anak-anak muda Indonesia yang sudah sukses dalam mengembangkan bisnisnya. Telah banyak contohnya anak muda sukses membangun bisnis dan sukses, misalnya saja Nadiem Makarim yang sukses dengan Gojek, Achmad Zacky yang sukses bersama Bukalapak, William Tanuwijaya yang sukses membangun e-commerce Tokopedia.

Kemudian ada Ferry Fuadi yang sukses membangun Traveloka, Hendi Setiyono dengan bisnis Kebab Baba Rafi, Reza Nurhilman dengan keripik Maicih-nya, dan Hamzah Izzulhaq yang berhasil membangun Bimbel Bintang Solusi Mandiri yang oleh pemilik sebelumnya hampir gulung tikar. Beberapa contoh tersebut memberikan kita hikmah bahwa dalam kesuksesan berbisnis bukanlah masalah usia tua dan muda. Melainkan seberapa besar usaha, tekad, dan perjuangan yang dilakukan untuk memulai dan menjalankan bisnis itu.

Nah, buat kamu yang mau memulai bisnis tetapi bingung mau berbisnis apa, berikut akan saya paparkan Tujuh Ide Bisnis yang Cocok Buat Anak Muda yang mungkin saja bisa membuka pikiran kamu dalam memulai bisnis. Berikut paparannya:

Baca Juga: 7 Ide Menarik untuk Membuka Bisnis Coffee Shop

Animator

Jika kamu termasuk orang yang kreatif dan menguasai berbagai aplikasi untuk membuat animasi, kamu cocok dengan bisnis ini. Bisnis jasa pembuatan animasi atau menjadi animator profesional sangat luas pasarnya. Mulai dari perorangan, instansi, maupun korporasi. Misalnya saja untuk pembuatan iklan layanan masyarakat, akan lebih menarik jika menggunakan tampilan animasi yang kekinian. Maka di situlah kamu bisa menuangkan ide dan kreativitas membuat animasi-animasi yang keren, bermanfaat, sekaligus menghasilkan lembaran uang.

Bisnis Desainer Pakaian

Nah, jika kamu jago dalam membuat desain-desain busana, pakaian pria dan wanita, gaun, dan sebagainya pilihan untuk berbisnis desainer ini sangat tepat. Meski menantang karena harus terbuka akan tren busana terupdate, ceruk bagi bisnis ini cukup besar. Apalagi jika desain-desain yang kamu hasilkan berkualitas dan mampu laku di pasaran, pastinya hasil karyamu itu akan sangat berharga dan menghasilkan uang. Kamu juga bisa membangun bisnis ini dengan mengajak beberapa desainer kemudian menawarkan desain-desainmu kepada brand-brand ternama. Bisa juga dengan membuat brand sendiri yang nantinya bisa dipasarkan melalui pameran-pameran, butik, atau galeri.

Jasa Videografer

Jika kamu punya keahlian dalam mengambil gambar bergerak alias video, jasa videografer ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan lembaran uang. Banyak sekali acara-acara resmi maupun santai yang membutuhkan dokumentasi khusus. Misalnya saja pernikahan, tunangan, wisuda, hingga prewedding yang membutuhkan dokumentasi video khusus. Tentu saja untuk menarik klien kamu bisa menawarkan diskon.

Jasa Fotografer

Selain videorafer, menjadi fotografer juga bisa menghasilkan lho. Keahlian dalam menangkap gambar dengan berbagai angle ini sangat bernilai profit. Dalam acara-acara seperti pertunangan, prewedding, pernikahan, maupun wisuda jasa fotografer tak pernah ditinggalkan.

Meski sekarang sudah banyak ponsel dengan kamera yang canggih-canggih, tetap tak bisa menggantikan hasil jepretan fotografer. Maka dari itu, menjadi fotografer bisa jadi sangat tepat buat kamu.

Jasa Video Editor

Dalam rangkaian membuat sebuah konten video yang berkualitas, tak pernah luput dari jasa video editor. Bagaimana ada efek suara, pemotongan gambar, menaruh backlight dan sebagainya itu semua ada di tangan editor. Meskipun biasanya mengikuti arahan pembuat skenarionya, namun seorang editor video juga bisa memberikan beberapa tambahan penting agar hasil akhir terlihat lebih ciamik dan profesional.

Jasa Pembuatan Konten

Membuat konten baik berupa tulisan, foto, grafis, maupun video terkadang membutuhkan waktu yang lama. Bagi brand yang ingin produknya dilirik oleh pasar lebih besar, jasa pembuat konten sangat membantu.

Brand-brand yang ingin mengiklankan produknya agar terkesan alamiah, salah satunya adalah dengan konten-konten organik baik itu lewat media sosial, blog, atau website. Konten biasanya berupa tulisan, caption, atau vlog yang berisi ulasan produk atau pengalaman si pembuat konten terhadap produk.

Bisnis Catering

Salah satu bisnis yang tak pernah mati adalah bisnis catering. Bisnis ini masuk ke dalam berbagai acara. Mulai dari seminar, kuliah, pesta pernikahan, buka bersama, takjil Ramadhan, maupun acara perkantoran. Kamu perlu menyiapkan varian menu yang banyak untuk menarik minat klien.

Nah, di sini kamu mesti melakukan promosi di berbagai platform, seperti media sosial. Kamu juga bisa mengemas produk catering-mu dengan unik sehingga menarik klien untuk penasaran. Dan yang terpenting, bisnis catering merupakan bisnis yang berkelanjutan sehingga kualitas makanan yang kamu sajikan harus baik agar ke depannya klien akan memesan lagi dan lagi ke kamu.

Itulah tadi tujuh ide bisnis yang cocok buat anak muda. Kamu tinggal pilih mana yang sesuai keahlianmu. Selamat mencoba!