3 Pelajaran Bisnis dari Film K-Drama Berjudul “Start-up”

Akhir-akhir ini K-Drama Start-up marak diperbincangkan. Tak hanya di kalangan penggemar K-Drama saja, namun juga khalayak umum. Mengapa bisa sampai demikian? Ternyata di dalam drama ini mengandung banyak sekali pelajaran bisnis yang bisa kamu terapkan demi kemajuan bisnis start-up milikmu. Apa saja tips tersebut?  Berikut kami rangkum hanya untuk kamu, ya. Siapkan catatan!

1. Carilah Mentor

Peran seorang mentor memang sangat dibutuhkan saat kamu baru membangun bisnis. Selain karena sudah punya lebih banyak pengalaman, mentor bisa menahan kalian dari membuat kesalahan. Sehingga bisnis kalian terus maju atau setidaknya stabil. Terlebih lagi jika kamu sangat baru dalam dunia bisnis, tentu masih banyak hal yang harus dipelajari. Saran dan kritik mentor harus dipertimbangkan karena dia punya pengetahuan dan pengalaman lebih dalam bidang ini. Jangan gegabah atau hanya mengandalkan insting semata dalam berbisnis.

2. Rahasiakan Ide Bisnis dari Siapa Pun

Ide adalah segalanya bagi bisnis. Oleh karena itu, jangan sampai idemu bocor ke pihak lain. Apalagi jika pihak tersebut tak turut serta dalam mengembangkan bisnismu. Dari drama Start-up kita bisa belajar sekali pun ada investor yang mengaku tertarik pada bisnismu, jangan menjelaskan cara kerjanya sampai melakukan perjanjian bisnis. Nanti ide bisnismu bisa dicuri! Bukan kamu yang dapat untung, tapi malah mereka yang panen uang dan dapat pengakuan dari masyarakat. Pasti kamu gak mau, ‘kan? Jadi hati-hati ya, gengs.

3. Rancang Business Plan yang Rinci dan Realistis

Ide bisnis yang bagus tidaklah cukup untuk menjalankan sebuah bisnis. Siapa pun bisa punya ide, namun jika tak ada business plan bisnis tak akan jalan. Business plan diperlukan agar tahu arah bisnis kedepannya. Mulai dari modal, target pemasaran, keuntungan hingga keberlanjutannya perlu direncanakan sebelum memulai bisnis. Seperti bisa dilihat dari drama Start-up, business plan sangat dipertimbangkan bagi para investor yang ingin berinvestasi di bisnismu kelak. Tak sedikit investor yang mengurungkan niatnya untuk berinvestasi karena business plan yang mereka punya tidak jelas atau malah belum ada. Jangan sampai seperti itu ya, Teman-teman.

Itu dia beberapa tips bisnis dari K-drama Start-up yang bisa diterapkan untuk bisnismu. Sebenarnya masih banyak tips bisnis lain yang bisa kamu temukan dalam K-drama ini. Namun akan lebih paham jika kalian menontonnya langsung. Seperti kata pepatah “Sambil berenang, minum air,” kamu bisa menonton Start-up sambil belajar bisnis. Selamat menonton!